Friday, April 3, 2015

Mempromosikan Produk Tas dari Bungkus Kopi

Semua produk tentu harus di promosikan agar lebih di kenal konsumen/masyarakat.Kesuksesan suatu produk tentu tidak bisa lepas dari promosi,menarik minat konsumen untuk memanfaatkan suatu nilai produk tersebut.

Produk saya adalah tas dari bungkus kopi dan untuk mempromosikannya saya memiliki metode atau cara promosi ,diantaranya :
Pertama, no 1.Memperkenalkan kepada teman
Kedua, no 4.Berpromosi melalui sosial media
Ketiga, no 3.Berpromosi melalui market place(olx.co.id/bukalapak.com)
Keempat, no 5.Berpromosi melalui web/blog
Kelima, no 2.Membagikan brosur/selebaran

* Pertama memperkenalkan kepada teman
          Berpromosi dengan cara memperkenalkan produk saya kepada teman adalah cara yang pertama dan termudah.Dengan memperkernalkan produk Tas dari bungkus kopi saya kepada teman,di harapkan orang - orang saya kenal lebih tau dan bisa memberikan masukan - masukan atau ide dalam produk saya selanjutnya sebelum di lepaskan ke pasar luas.
Cara ini saya anggap murah karena nyaris tidak mengeluarkan biaya/ongkos.Dan yang lebih penting lagi,mereka (teman-teman) akan merasa puas jika memanfaatkan produk yang ternyata hasil dari orang terdekatnya.


* Kedua berpromosi melalui sosial media
          Siapa yang tak kenal dengan sosial media.Dengan memanfaatkan fasilitas sosial media seperti Facebook, Twitter, Google +, Instagram, dan sosial media lainnya,saya mencoba memasarkan produk Tas saya. Karena sosial media merupakan sebuah tempat berkumpulnya banyak orang untuk melakukan interaksi dengan tulisan maupun saling memposting foto.
Sosial media menjadi lahan promosi yang tepat karena pengguna sosial media di Indonesia telah mencapai puluhan juta orang. Alasan itulah yang membuat saya  memilih sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan Tas dari bungkus kopi saya.
Kelebihan dari sosial media bisa berinteraksi langsung dengan pengguna akun sosial media lain sehingga tercipta komunikasi dua arah,dimana konsumen dapat menyampaikan keluhannya secara langsung dan saya juga dapat merespon dengan cepat.


* Ketiga berpromosi melalui marketplace
            Pada dasarnya, marketpleace adalah sebuah tempat yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Jadi dengan pengertian tersebut, dapat menyimpulkan bahwa situs marketplace adalah situs (website) yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online. Beberapa website marketplace yang kita ketahui adalah toko bagus (olx.co.id), berniaga.com, bejubel.com dan masih banyak lagi website marketplace yang bisa anda gunakan untuk promosi produk.
 Ada banyak keuntungan yang didapatkan di marketplace, salah satunya adalah potensi pasar bisnis jauh lebih besar karena bisanya pengunjung situs marketplace khususnya olx.co.id dan berniaga.com bisa mencapai jutaan per harinya. Hal inilah yang saya manfaatkan, dengan mempromosikan produk Tas saya disana.Dan di olx saya dapat kesempatan untuk menjangkau calon pembeli jauh lebih besar.


* Keempat berpromosi melalui web/blog
              Beberapa keutungan yang didapat dari web/blog dalam media promosi Tas dari bungkus kopi saya ,di antaranya Siap Sedia 24 Jam.Tidak seperti praktek bisnis offline lainnya yang layanannya tergantung pada hari kerja dan jam kerja, web site  selalu siap sedia 24 jam serta bisa diakses oleh pelanggan    dari mana saja dan kapan saja.
Selain itu kelebihan promosi melalui web/blog yaitu biaya Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Efisien.
Karena pemasaran melalui internet sangat tertarget dan biaya relatif lebih rendah dibanding pemasaran offline, sehingga  biaya yang dikeluarkan untuk pemasarannya juga lebih   efektif dan efisien.


* Kelima membagikan brosur/selebaran
            Brosur adalah Selebaran yang berisi mengenai tiga fungsi yaitu fungsi informative, fungsi iklan, dan fugsi indetifikasi dimana antara fungsi yang satu dengan fungsi yang lain sangat berkaitan untuk proses presentasi pengenalan produk.
Mempromosikan produk dengan cara ini memang dianggap tradisional dan kurang di minati belakangan ini,namun cara ini masih tetap bertahan.Agar promosi melalui brosur benar-benar dapat berjalan efektif, tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Selain desain dan isi brosur yang harus berkualitas, penyebaran brosur juga harus tepat sasaran yang sesuai dengan target market.
 Dari pengalaman yang saya dapat berpromosi dengan brosur sedikit lebih susah,karena kita harus mendesain sendiri dan mencetak.Dimana di sisi pembiayaan jauh lebih mahal.




Sekian ulasan mengenai cara-cara mempromosikan Produk Tas dari Bungkus Kopi .
Terimakasih telah berkunjung,sampai jumpa lagi.

No comments:

Post a Comment